Kamis, 23 Desember 2010

Cara membuat saos tomat untuk pasta

Basic Tomato Sauce


Bahan-bahan:

- 6 tomat merah
- 4 bawang putih
- 1 bawang bombay ukuran medium
- 2 batang daun kemangi
- 1 sdm gula
- 1 sdm minyak zaitun
- 1 sdt garam & merica
- 1 sdt air jeruk nipis
- 10 jamur kancing / champignon (lebih juga boleh)
- 110ml air
- keju secukupnya

Cara memasak:
Potong semua bahan. Potong tomat besar-besar, iris bawang bombay, potong jamur menjadi 1/2 atau 1/4, dan potong daun kemangi setipis mungkin (buang batangnya). Godok jamur dalam panci selama 10 menit. Sisihkan.

Jika anda punya blender atau food processor, masukkan tomat, bawang putih daun kemangi serta minyak zaitun dan puree hingga halus. Jika tidak, haluskan bawang putih, lalu masukkan dalam penggorengan (api kecil) bersama bawang bombay dengan minyak zaitun. Jika sudah wangi dan sedikit caramelized, masukkan bawang tomat, dan kemangi. Masak sebentar lalu hancurkan tomat dengan sodet sehalus mungkin. Gak harus puree, yang penting gepeng.

Masukkan jamur dan 110 ml air kedalam penggorengan bersama garam, merica dan gula. Biarkan mengental lalu angkat. Its ready, siap dituangkan diatas pasta. Hidangkan dengan parutan keju parmesan atau lainnya (jika suka).

Bolognaise, Meatball, atau Lasagna
Ada beberapa cara untuk menambahkan daging ke dalam saus tomat yang sudah kita buat. Untuk saus bolognaise dan lasagna, anda membutuhkan daging cincang. 100-200 gram cukup sesuai dengan selera. Bedanya bolognaise dengan saus tomat untuk lasagna adalah cara memasak daging tersebut.

- Bolognaise & Meatball
Anda membutuhkan stok atau kaldu sapi baik dari hasil menggodok daging/tulang sapi atau dengan menggunakan kaldu sapi bubuk yang mudah didapat di warung. Gunakan kaldu sapi ini untuk mengganti 110ml air pada resep dasar.

Anda juga perlu menggoreng daging cincang dahulu hingga matang, baru memasukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya seperti diatas.

Hal yang sama juga perlu anda lakukan jika ingin menambahkan meatball. Goreng meatball dahulu hingga coklat sebelum memasukkan bawang putih dan bahan-bahan lainnya.

- Lasagna


Berbeda dengan bolognaise, daging dalam lasagna lebih lembut. Daging cincang digodok sampai matang dan dicampur dengan saus tomat pada tahap akhir. Saus tomat kemudian siap untuk dicampur dengan lapisan pasta dan keju sebelum dipanggang (akan posting resep lasagna nanti kalo mood.

1 komentar:

  1. terimakasih artikelnya sangat membantu. Kunjungi juga www.greenmommyshop.com ada berbagai produk kecantikan dari bahan organik yang sangat aman.

    BalasHapus